Deretan Kasus Kebakaran Lapas, di Tangerang yang Paling Banyak Korban Sepanjang Sejarah

Deretan Kasus Kebakaran Lapas, di Tangerang yang Paling Banyak Korban Sepanjang Sejarah

TANGERANG - Kebakaran lapas terus berulang di Indonesia. Salah satu yang terbesar sepanjang sejarah adalah kejadian di Lapas Klas 1 Tangerang, Banten.

Kebakaran tersebut menewaskan 41 orang tahanan. Mereka tidak bisa keluar karena kondisi sel terkunci. Adapun penyebab kecelakaan itu masih dalam pendalaman pihak terkait.

Berikut deretan kebakaran yang pernah menimpa lembaga pemasyarakatan.

Lapas Klas 1 Tangerang

Lapas Tangerang kebakaran sekitar pukul 01.45, Rabu (8/9/2021) dini hari. Dari kejadian ini, 41 warga binaan pemasyarakatan meninggal dunia.

Juga terdapat puluhan WBP lain yang luka-luka. Kejadian kebakaran ini bermula dari Blok C. Yang kemudian api terus membesar. Sehingga menyebabkan korban jiwa.

Kebakaran Lapas Palu

Gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Klas III Palu, yang berada di Desa Maku, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah terbakar pada Minggu malam (29/9/2019), sekitar pukul 18.00 WITA.

Kejadian ini berdampak pada kaburnya sebanyak 36 warga binaan.

Berdasarkan laporan pihak Kepolisian Resort Sigi, dari 15 kamar yang ada di Lapas perempuan tersebut enam kamar hangus dilalap api.

Kerusuhan dan Kebakaran Lapas Bengkulu

Lima narapidana tewas usai kerusuhan terjadi di lembaga pemasyarakatan Bengkulu terjadi Jumat (25/3/2016).

Kerusuhan berbuntut pembakaran lapas bermula dari penggeledahan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu.

Jumat malam sekitar pukul 20.30 WIB, BNNP melakukan penggeledahan di Lapas, namun terjadi perlawanan oleh tahanan dengan menjebol pintu hunian dan membakar seluruh blok hunian (A, B, C, kecuali blok wanita).

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: